Pengurus PWI Dan IKWI Lampung Selatan 2023-2026 Resmi Dilantik

  • Bagikan

KALIANDA, MEDIAA1.COM – Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Lampung Selatan masa bakti 2023-2026 resmi dilantik oleh Ketua PWI Provinsi Lampung Selatan H. Wirahadikusumah.

Pelantikan pengurus PWI Lampung Selatan yang dinahkodai Supradianto (ketua) bersama Sabda Fajar (Sekretaris) dan Idho Mai Saputra (bendahara) berlangsung di Aula Sebuku, rumah dinas Bupati Lampung Selatan, pada Kamis (9/3/2023).

Hadir juga dalam acara itu, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto beserta anggota Forkopimda Lampung Selatan dan pejabat struktural di lingkup Pemkab Lampung Selatan.

Usai melantik, Ketua PWI Provinsi Lampung Wirahadikusumah menyampaikan ucapan selamat dan mengapresiasi para kader PWI Lampung Selatan yang ber-SDM unggul, serta memiliki integritas tinggi dalam menjalankan tugas sebagai jurnalis.

“Saya akui bahwa kader PWI Lampung Selatan banyak unggulnya dari PWI lain. Buktinya 3 mantan PWI Lampung Selatan menjadi pengurus PWI Lampung. Kader-kader PWI Lampung Selatan merupakan kader unggul yang tenaganya diperlukan di Provinsi Lampung,” ujarnya.

Wirahadikusumah berpesan kepada para wartawan yang tergabung dalam PWI Lampung Selatan agar dapat bekerja sesuai dengan kode etik dan ketentuan yang tercantum dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1995 tentang PERS.

“Tugas utama wartawan adalah menulis berita dan menginformasikan kepada masyarakat,” kata Wira sapaan akrab Wirahadikusumah.

Hal itu kata Wira, juga sesuai dengan arahan Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo (Jokowi) saat menghadiri acara Puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2023 yang berlangsung di Medan pada tanggal 9 Februari 2023 lalu.

“Saya menitip pesan kepada PWI Lampung Selatan. Kemarin kita baru saja pulang dari Medan, Presiden mengatakan kurang apalagi kebebasan pers di Indonesia. Sehingga memang yang dituntut oleh Presiden dan masyarakat adalah menajdi pers yang bertanggungjwab, berkode etik dan mematuhi undang-undang pers,” imbuhnya.

Sementara, Ketua PWI Lampung Selatan Supradianto dalam sambutannya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto.

Pasalnya kata Supradianto, berkat dukungan penuh Bupati Lampung Selatan seluruh agenda kegiatan pelantikan pengurus PWI Lampung Selatan berjalan lancar, sesuai harapan.

“Semua rangkaian kegiatan PWI Lampung Selatan dari mulai Konferkab, lalu ramah tamah, pertandingan bola persahabatan hingga pelantikan dapat terlaksana dan berjalan dengan baik, berkat dukungan penuh Bupati H. Nanang Ermanto,” ucap Supradianto.

Menurut Supradianto, kecintaan Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto terhadap PWI Lampung Selatan sangat lah jelas.

“Adanya dukungan penuh dan memfasilitasi disetiap rangkaian kegiatan pelantikan menjadi salah satu bukti bahwa Bupati Lampung Selatan sangat peduli dengan perkembangan dan kemajuan PWI Lampung selatan dimasa mendatang,” kata Supradianto.

Selain itu, pada kesempatan itu Supradianto juga menyampaikan program-program kerja PWI Lampung Selatan yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Seperti, sosialisasi mengenai Undang-Undang Pers dan mengadakan Uji Kompetensi Wartawan. Harapannya wartawan di Kabupaten Lampung Selatan memiliki kompetensi lebih baik lagi.

“Kami ada beberapa program dan mudah-mudahan dapat berjalan dengan baik. Pertama, yaitu program sosialisasi mengenai Undang-Undang Pers. Pak Bupati, acara ini nanti kita kemas dengan semacam lomba dan berkerjasama dengan Dinas Pendidikan,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menuturkan, pemberitaan dan informasi merupakan salah satu hal yang penting dan diperlukan dalam membantu menyukseskan pembangunan daerah, ditengah gempuran era digital seperti saat ini.

Sebab itu, Nanang meminta agar PWI Lampung Selatan dapat membangun kekuatan bersama untuk mensejahterakan masyarakat, dengan memberikan informasi yang sesuai dengan fakta serta mampu menjaga kondusivitas agar tetap aman dan nyaman.

“Tanpa ada keselarasan, tanpa ada informasi yang baik, sebagai intropeksi kami, pembangunan tidak akan berjalan dengan baik. Ini harapan saya sebagai Bupati Lampung Selatan. Kekuatan ini adalah kekuatan kita bersama, kita bangun kekuatan untuk membangun kesejahteraan masayarakat kita, pembangunan daerah kita,” kata Nanang.

Nanang juga berharap, dengan terpilihnya ketua serta kepengurusan PWI Lampung Selatan yang baru, mampu menyatukan wartawan serta membantu mempromosikan potensi-potensi unggulan yang ada di Bumi Khagom Mufakat.

“Ini yang saya minta dengan sangat, bagaimana kita bisa membranding daerah kita yang luar biasa. Mendukung pembangunan yang ada di Lampung Selatan termasuk pembangunan Bakauheni Harbour City. Kita harus jaga agar investasi tidak terganggu, siapa yang akan membangun kabupaten ini kalau bukan kita,” kata Nanang mengakhiri. (Kmf)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *