Satkamling Kharisma Natar Lamsel Wakili Polda Lampung Lomba Satkamling Tk Mabes Polri

  • Bagikan

LAMPUNG SELATAN-Polres Lampung Selatan Polda Lampung menggelar pelaksanaan Apel Kasatkamling dalam rangka menciptakan situasi yang kondusif menghadapi pemilu serentak 2024 yang aman, damai, sejuk di wilayah Kabupaten Lampung Selatan. Rabu, 21 Juni 2023 pukul 09.00 Wib

Karoops Polda Lampung Kombes Pol Amiludin Roemtaat selaku pengambil apel mewakili Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika membacakan amanat Kapolri menjelaskan bahwa Apel Kasatkamling ini merupakan salah satu upaya polri untuk mempercepat revitalitas siskamling.

“semoga kegiatan ini dapat meningkatkan semangat untuk mengoptimalkan peran awak satkamling dalam mengemban fungsi kepolisian terbatas guna memelihara keamanan ketertiban masyarakat secara swakarsa” lanjut Kombes Pol Amiludin Roemtaat.

Polri terus mengembangkan potensi masyarakat melalui pengamanan swakarsa sebagai upaya memperkuat system keamanan lingkungan. Salah satu bentuk pengamanan swakarsa yang berada dibawah pembinaan Polri adalah satuan keamanan lingkungan atau Satkamling.

“Satkamling juga harus senantiasa bersinergi dengan TNI – Polri dan pemangku kepentingan lainnya sehingga pelaksanaan tugas di lapangan dapat berjalan dengan optimal, satkamling memiliki peran sentral dalam upaya pemeliharaan kamtibmas, terlebih kita akan menghadapi agenda nasional yaitu pemilu dan pemilihan serentak tahun 2024, satkamling harus betul – betul bisa menjadi cooling system dilingkungannya masing – masing” jelas Karo Ops kembali menekankan pentingnya satkamling saat membacakan sambutan Kapolri.

Dalam apel tersebut diserahkan penghargaan terhadap pemenang lomba satkamling yang telah dilaksanakan sebelumnya menjelang peringatan hari Bhayangkara ke 77 di jajaran Polda Lampung.

Polres Lampung Selatan yang sebelumnya menggelar lomba Satkamling 20-26 Mei 2023 diikuti 11 peserta dari setiap Polsek jajaran, mendapatkan Satkamling Kharisma Desa Branti Kec. Natar terpilih mewakili Polres Lampung Selatan ke tingkat Polda dan akan ikut lomba ke tingkat Mabes Polri.

Aspek dan kriteria penilaian lomba satkamling dari sisi SDM meliputi pelaksanaan satkamling, perencanaan jadwal satkamling, pengisian buku mutasi, pelatihan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K), dan pelatihan pertolongan pertama pada gawat darurat (P3GD). Dari aspek sarana dan prasarana antara lain ketersediaan kotak P3K, buku butasi, senter, kentongan, borgol, tongkat, alat komunikasi, dan alat pemadam api ringan (APAR).

Kemudian aspek kegiatan operasional meliputi patroli ronda, penjagaan satkamling. “Lalu, yang tak kalah penting adalah aspek dukungan masyarakat dan aspek pembinaan satkamling yang menunjang lomba Satkamling ini.

 

Pemenang lomba satkamling tingkat Polda Lampung tahun 2023
-Juara Satu Satkamling Kharisma Dsn Branti I Desa Branti Kec Natar Lampung Selatan
– Juara dua Satkamling Nusantara 56 Kel. Labuhan Ratu Raya Bandar Lampung.
– juara tiga Satkamling Desa Sidoharjo Kec. Pringsewu Pringsewu
-Juara Harapan satu Satkamling merah putih Ke. Yosorejo Kec. Metro Timur Kota Metro.
– Juara harapan dua Satkamling Berjaya Kel. Bandar jaya Kec. Terbanggi Besar Kab. Lampung Tengah.
– Juara harapan tiga Sat Kamling Garuda Sakti Desa Purworejo Kec. Pasir Sakti Kab. Lampung Timur.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *