Rumah Roboh Memakan Korban di Kecamatan Sidomulyo, Bupati Nanang Ermanto Datang Serahkan Bantuan Bedah Rumah

  • Bagikan

SIDOMULYO – Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto terus konsisten dalam berupaya menyelesaikan permasalahan rumah tidak layak huni di Bumi Khagom Mufakat.

 

Sosok pemimpin yang dikenal dengan semangat gotong royong yang tinggi ini kembali menyerahkan bantuan rumah tidak layak huni (RTLH) di wilayah Kecamatan Sidomulyo, Sabtu (13/1/2023).

 

Kali ini, Nanang Ermanto mendatangi kediaman Martingah, warga Dusun V Kampung Baru, Desa Budidaya, Kecamatan Sidomuyo, yang rumahnya roboh akibat angin kencang yang terjadi pukul 04.00 WIB.

 

“Kami dari Pemerintah Daerah datang, memberikan bantuan untuk warga yang membutuhkan. Dana bedah rumah senilai Rp.20 juta ini berasal dari Geserbu (Gerakan Seribu Rupiah) yang memang diperuntukkan untuk membantu warga yang rumahnya roboh atau tidak layak huni dan bantuan sembako serta peralatan rumah tangga,” kata Nanang.

 

Pada kesempatan yang sama, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Dulkahar menyampaikan, masih terdapat sekitar 8.700 rumah tak layak huni di Kabupaten Lampung Selatan yang harus diperbaiki.

Dulkahar menyebut, sepanjang tahun 2023 Pemkab Lampung Selatan dengan menerapkan sistem gotong royong telah berhasil menyelesaikan 1.072 unit rumah tak layak huni menjadi layak huni.

 

“Artinya kalau 1 tahun 1000 saja kita masih butuh 9 tahun untuk menyelesaikan permasalahan rumah tidak layak huni di Kabupaten Lampung Selatan,” kata Dulkahar.

 

“Kalau hanya mengandalkan APBD butuh waktu lebih lama lagi, oleh karena itu pak Bupati membuat program Swasembada Rumahku dilanjutkan dengan Geserbu dan kerja sama bersama CSR,” imbuhnya.

 

Sementara itu, Kepala Desa Budidaya, Aan Kurniawan, saat ditanya oleh tim ini menjelaskan mengenai kronologi rumah roboh yang memakan korban tersebut.

 

Aan mengungkapkan, akibat dari rumah roboh tersebut seorang nenek dan cucunya yang menyandang disabilitas, saat ini tengah dirawat di Rumah Sakit Urip, Bandar Lampung, dengan kondisi sementara mengalami luka-luka.

 

“Mungkin usia juga, rumah tua, karena angin juga kencang maka roboh. Kebetulan ada cucunya dalam rumah yang menyandang disabilitas, sekarang posisi cucunya dirawat di rumah sakit,” ungkapnya.

 

Pada kesempatan itu, mewakili pemilik rumah sekaligus Pemerintah Desa, Aan menyampaikan rasa syukur dan ucapan terima kasih kepada Bupati Lampung Selatan dan jajaran Pemkab yang telah membantu warganya yang terkena musibah.

 

Tak ketinggalan, dirinya juga mendoakan orang nomor satu di Kabupaten Lampung Selatan tersebut agar senantiasa diberikan kesehatan dan kemudahan dalam menjalankan tugasnya sebagai pemimpin daerah.

 

“Kami dari Pemerintah Desa mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bupati Nanang Ermanto, semoga beliau diberikan kesehatan dan selalu sukses,” ucap Aan Kurniawan. (Kmf)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *