Mahasiswa KKN Unila Gelar Sosialisasi UMKM Label Halal di Desa Sidoharjo

  • Bagikan

PRINGSEWU-Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Lampung (Unila) periode satu tahun 2024, sukses menyelenggarakan Sosialisasi UMKM dalam mencapai legalitas label halal di desa Sidoharjo, kecamatan Way Panji, Kabupaten Lampung Selatan. Minggu (11/02/24)

Kegiatan ini digelar di Balai Desa Sidoharjo dengan tujuan utama memberikan wawasan yang lebih mendalam kepada masyarakat mengenai perlunya label halal pada produk UMKM yang mereka hasilkan dan pasarkan.

Motivasi untuk menyelenggarakan kegiatan ini berasal dari kesadaran akan kurangnya pemahaman di kalangan masyarakat dan para pelaku UMKM di Desa Sidoharjo tentang urgensi label halal pada produk mereka.

Kepala Desa Sidoharjo, Marjana, dalam sambutannya menyampaikan, pentingnya  kesadaran masyarakat akan pelabelan halal untuk memastikan produk yang mereka konsumsi sesuai dengan ajaran agama tetapi juga sebagai jaminan akan kualitas produk yang mereka konsumsi.

Dirinya menegaskan kesadaran akan label halal tidak hanya penting, tetapi juga merupakan langkah cerdas dalam memastikan bahwa produk yang diperoleh memenuhi standar kualitas yang diharapkan oleh konsumen.

Narasumber utama pada acara ini adalah Lili Salita, S.Pi., ketua UMKM Kecamatan Palas, yang juga merupakan pendiri Rumah Belajar UMKM MonoHome. Dalam materinya, Lili Salita memberikan wawasan mendalam mengenai pentingnya label halal bagi UMKM.

Materi yang disampaikannya tidak hanya mengedukasi tentang aspek penting label halal pada produk yang akan dipasarkan, tetapi juga membahas dampak positif secara ekonomi dan kualitas produk.

Dengan pengetahuan dan pengalamannya, Lili Salita mampu menginspirasi para peserta acara untuk meningkatkan standar dan kesadaran akan label halal dalam mengembangkan bisnis UMKM mereka.

Acara sosialisasi ini dihadiri oleh berbagai kalangan, termasuk pelaku UMKM lokal di Desa Sidoharjo dan kelompok ibu-ibu PKK, yang menunjukkan antusiasme dan komitmen dalam meningkatkan pemahaman tentang label halal demi meningkatkan pasar dan kualitas produk UMKM lokal.

Diharapkan, melalui kegiatan sosialisasi ini, masyarakat dapat semakin sadar akan pentingnya label halal dalam mendukung perkembangan UMKM lokal serta meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan (Azhimi)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *