Rombongan Risma Masjid Al Huda Desa Waygalih Ziaroh Di Makam Pahlawan Nasional Raden Intan II

  • Bagikan

LAMPUNG SELATAN – Rombongan Remaja Islam Masjid (Risma) Al-Huda Desa Waygalih Dusun V, Kec. Tanjung Bintang, Kab. Lampung Selatan mengunjungi (Ziaroh) Makam Pahlawan Nasional Raden Intan II di Gedungharta, Kec. Penegahan, Kabupaten Lampung Selatan, pada Minggu, (03/03/2024).

Dari Keterangan Yolanda salah satu Panitia Pelaksana menyampaikan, Ziaroh bertujuan untuk mengenang jasa Pahlawan National Raden Inten II yang berada di Desa Gedung Harta Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan atau yang lebih dikenal dengan Benteng Cempaka.

“Saya mengajak saudara-saudari khususnya  para pemuda generasi penerus bangsa, dan untuk para kawula muda lampung, untuk mengetahui sejarah perjuangan pendahulunya yang secara total membela Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di Bumi lampung, Sai Bumi Rua Juray, ” ungkapnya.

Selanjutnya, Kami rombongan Risma berangkat kurang lebih sekitar 27 orang yang mana dalam hal ini, agar kami bersama-sama bisa mengenal dan belajar serta dapat meneruskan perjuangan sekaligus mempertahankan kemerdekaan yang telah diperjuangkan para pendahulu bangsa ini khususnya Pahlawan yang ada di Provinsi Lampung.

“Raden Inten II yang bergelar Kusuma Ratu Radin inten II lahir di Lampung pada 1834 dan meninggal di Lampung 5 Oktober 1856, merupakan keturunan Fatahillah dari perkawinannya dengan Putri Sinar Alam dari Keratuan Pugung, dimakamkan di Desa Gedung Harta dikenal dengan nama Benteng Cempaka, dengan jarak tempuh 18 km dari Kota Kalianda, ” terangnya. (Red/Yudi)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *